Dasar Penataan Lingkungan Pemukiman (1) ~ Berita Seputar Jl. Ruby

Share

Dasar Penataan Lingkungan Pemukiman (1) 0

Fanalia JTB | 9:09 AM | ,

Sebagai warga yang berada di lingkungan perumahan, kadangkala saya sering membandingkan antara lingkungan perumahan A dan perumahan B, C, D, atau yang lainnya. Tersirat dalam pemikiran saya bahwasanya tidak ada semuanya yang sempurna, kelebihan di perumahan A pasti terlengkapi di perumahan B, C, D arau yang lainnya. Sebenaranya bagaimanakah dasar penataan perumahan pemukiman yang baik itu ?

Dari beberapa literatur yang saya baca, ternyata ada beberapa dasar yang dijadikan pegangan developer. Azas manfaat, adil, merata, kebersamaan dan kekeluargaan, kepercayaan pada diri sendiri, keterjangkauan dan kelestarian lingkungan hidup. Semuanya itu bertujuan agar sumber daya yang terbatas dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Adil dan merata, agar hasil pembangunan perumahan dan pemukiman dapat dinikmati secara adil dan merata oleh seluruh rakyat. Kebersamaan dan kekeluargaan, agar golongan masyarakat yang kuat membantu golongan masyarakat yang lemah dan mencegah terjadinya lingkungan permukiman yang eksklusif.

Kepercayaan pada diri sendiri, agar segala usaha dan kegiatan dalam pembangunan perumahan dan pemukiman bertumpu pada prakarsa, swadaya dan peran serta masyarakat sehingga mampu membangkitkan kepercayaan akan kemampuan dan kekuatan sendiri. Keterjangkauan, agar hasil pembangunan perumahan dapat dijangkau oleh masyarakat rendah. Kelestarian lingkungan hidup, untuk menunjang pembangunan berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan, baik bagi generasi sekarang maupun generasi yang akan datang.

Semoga lingkungan kita masuk dalam kategori yang saya sampaikan tadi ya pak RT hehehe...

0 Responses So Far:

tulis komentar disini

 
Berita Seputar Jl. Ruby Copyright © 2010 Designed by Fajarwawa Home | RSS Feed | Comment RSS